Senin, 09 April 2012

TIPS MERUBAH SEPEDA FIXIE


Kali ini ane mau bagi-bagi pengalaman seputar permak sepeda yang awalnya rongsokan ni gan  jadi tampak lebih mentereng! dengan biaya rendah!

.

Tips cara melihat kesehatan frame ;
Gunakan cara ini untuk keselamatan kita, kenapa demikian ? karena ada bagian-bagian penting dari frame yang merupakan inti kekuatan frame justeru seringkali luput dari pengamatan ketika hendak dilakukan pengecatan, kebanyakan hanya digosok kemudian di poxi, sehingga semakin tak terlihat bila bagian-bagian itu mengalami karat yang akut, resiko patah dan bisa mengakibatkan kecelakaan, jelas ini sangat membahayakan baik bagi pengendara sendiri atau orang lain.
Mungkin ada diantara kita yang dapat frame dari rombengan , kebetulan sepeda Fellow adalah frame 27 Federal buatan tahun ’93, dan belasan tahun dipindah-pindah dari yang sering kena air hujan hingga jadi rumah laba-laba turun temurun . Sudah pasti karat tidak bisa dihindari, bagian keropos dibanyak tempat, tapi setelah dilakukan pengecekan ternyata frame nya tebal dan karat hanya ada dipermukaan saja, jadi tidak membahayakan bila digunakan lagi.

Bagian mana saja yang perlu diperhatikan dalam memilih frame bekas (rombengan), frame rongsokan, warisan atau frame nemu di tong sampah .
Periksa semua sambungan yang ada, bila goweser atau gowesista menemukan lubang di las sambungan, artinya perlu dilakukan las ulang, walaupun lubang itu sangat kecil, karena bisa saja bagian dalam sambungan itu siap untuk patah, hanya saja masih belum terlihat.
Ketok-ketok frame, bila berbunyi nyaring, artinya frame itu masih bagus dan tebal, sebaliknya bila terdengar fals artinya frame tersebut rapuh dan tipis (gunakan kunci atau paku untuk mengetuknya).
Lihat lurus atau tidaknya frame tersebut, caranya dengan melihatnya dari bagian roar atau bagian belakang frame, sejajarkan posisi dua pipa bagian belakang hingga sama dengan pandangan mata, lihat apakah pipa yang menghubungkan antara sit post dengan stir masih lurus atau sudah melenceng bahkan bengkok.
Perhitungkan secara seksama berapa persen pengaratan yang dialami frame tersebut, kalau sudah sampai 75%, lebih baik buang pada tempatnya.

Setelah bisa dipastikan frame tersebut sehat lebih dari 90%, maka bisa dilanjutkan ke proses pengecatan.

Tips cara persiapan warna :

Desain terlebih dahulu warna yang diinginkan, bisa menggunakan photoshop atau media warna lain, cocokkan kombinasi warnanya terlebih dahulu bila menggunakan lebih dari satu warna. Kombinasi warna disini tidak hanya memperhitungkan warna dari frame saja, tapi juga dikombinasikan dengan warna seluruh onderdil sepeda seperti sadel, ban, veleg, dll (alangkah lebih baiknya bila sudah bisa memastikan warna onderdil lain, karena ada beberapa onderdil yang tak punya banyak pilihan warna).

Pembersihan media sebelum cat dasar,

Alat yang perlu dipersiapkan adalah ; sarung tangan, kuas (ukuran ruas maksimal tiga jari), kape, kawat yang buat cuci piring (gak tau namanya), semprotan air, gayung dan ember.
Pakai sarung tangan, kemudian gunakan paint remover (soda api), oleskan dengan menggunakan kuas ke setiap sudut frame, hati-hati jangan sampai terkena tangan lebih-lebih mata, karena akan sangat perih (seperti kena percikan api rokok), sediakan air secukupnya untuk membasuh bagian yang mungkin terkena percikan remover, antisipasi bila percikannya mengenai kulit. Kemudian diamkan 2 menit, jangan terlalu lama, karena kalau sudah kering akan mengeras lagi.
Pakai kawat cuci piring atau gunakan Kape untuk merontokan cat dasar dari frame yg udah melunak oleh soda api, perhatikan bagian-bagian sudut frame, bila masih ada cat yang masih menempel, sabar dulu karena mungkin removernya sudah kering, nanti bisa diulangi lagi prosesnya, setelah selesai dan sebagian cat lama sudah sekiranya rontok semua, bilas frame dengan air hingga keset, karena sifat dari cairan remover akan berbusa dan licin bila kena air, jadi perlu berhati-hati juga dengan tempat kerjanya, jangan sampai terpeleset. Setelah selesai dibilas, oleskan kembali bagian yang belum hilang. Sebagai catatan, untuk mempersingkat waktu pengerjaan, bila yang masih menempel adalah warna dasar (biasanya putih) maka biarkan saja asalkan tidak tebal.
Setelah semua cat telah dibersihkan, bilas dengan air dan keringkan, gunakan amplas halus untuk meratakan bagian2 cat yg sedikit masih tersisa, kalian bisa menggunakan air supaya lebih cepat halus, tapi cara ini lebih cepat menghabiskan amplas. Dalam tahap ini di butuhkan kesabaran dan ketelitian biar permuakaannya jadi halus dan rata, ingat, jangan biarkan frame dalam kondisi tanpa cat dasar selama berhari-hari, karena sangat rentan dengan karat, bila sudah berkarat lagi maka tugas kalian menghaluskan permukaan frame akan semakin berat.

Tahap eksekusi dengan cat

Alat yang perlu dipersiapkan ; masker, dan dalam bahasan ini pengecatan menggunakan kompresor.

Ingat !! selalu berdoa sebelum memulai.
Kalau memungkinkan, alangkah lebih sempurnanya bila kalian bisa menggantung frame itu pada saat proses penyemprotan, bisa menggunakan besi atau tali, agar bisa fleksible dan di putar-putar sesuai keinginan.
Pakai masker dan mulai gunakan cat dasar atau poxi, lebih baik gunakan poxi putih, hal ini sangat menentukan hasil akhir warna yang kalian gunakan.
Lueskan tangan dan selalu searah ketika menyemprotkan. Penyemprotan bisa dilakukan lebih dari satu kali, pertama tipis dulu kemudian keringkan, setelah itu ulangi lagi hingga dirasa cukup rata dan seluruh bagian telah sempurna tertutup.
Gunakan jarak yang sama ketika menyemprotkan, antara 25-30 cm, ingat pula jangan terlalu jauh ketika menyemprotkan, karena akan boros cat, kecuali bila pohon dirumah kalian daunnya jadi uang seribuan .
Tempat kerja harus jarang tertiup angin dan berdebu, karena bila ada debu yg menempel akan terjadi bercak-bercak hitam.
Cat tipis dulu pada seluruh permukaan, agar cat lbh kuat melekat ke permukaan besi, dan tunggu hingga ½ kering.
Setelah itu ulangi lagi penyemprotan hingga warna dirasa cukup kuat (sesuai dengan keinginan, tidak pucat atau keputih-putihan) dan rata. Kemudian keringkan.
Utk finishing, gunakan cat clear untuk memberikan kesan glossy, tidak perlu tebal-tebal, kalian hanya perlu menyemprotkannya dengan rata.

PRINGATAN : pada proses pengecatan jangan tertipu dengan keringnya cat bila kalian pegang, itu hanya membuktikan bahwa lapisan teratas cat sudah kering tetapi lapisan dibawahnya masih basah, maka jangan sekali-sekali menggenggam frame terlalu kencang atau memberikan tekanan tertentu pada permukaan frame, karena bekasnya tidak akan hilang, idealnya perlakukan frame seolah catnya masih basah hingga satu minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar